Lompat ke konten

Berbahayakah Olahraga Panjat Tebing?

Panjat tebing atau istilah asing nya dikenal dengan rock climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa di lakukan dengan tanpa bantuan alat apapun atau hanya dengan berjalan saja tanpa menggunakan peralatan yang di perlukan dalam panjat tebing tersebut. Pada  umum nya panjat tebing di lakukan pada daerah kontur yang terjal  ,batuan tebing dengan sudut mencapai 45 derajat dan memiliki tingkat kesulitan tertentu.

Pada perkembangan nya olahraga ini  berevolusi untuk menjadi olahraga  yang mengejar prestasi maupun untuk kepuasan tersendiri bagi yang melakukan, tentunya ini adalah kabar baik bagi para penggiat panjat tebing tersebut karena dengan adanya perkembangan ini maka  olahraga panjat tebing ini semakin di kenal oleh khalayak umum.

Dan yang menjadi pertanyaan apakah olaahraga panjat tebing ini memiliki resiko tinggi? Dan seberapakah bahayanya?mari kita lihat bersama-sama dan melihat nya melalui angka karena angka tidak pernah berbohong. Menurut statistika dari British Mountain Association,total 1.024.000 orang berpartisipasi dalam kegiatan pendakian selama dua tahun, hanya ada 54 kasus cidera olahraga sedangkan tingkat cidera adalah 0,00527%  maka angka cidera ini bisa dikatakan rendah ,dan di percaya olahraga panjat tebing ini lebih aman dari pada olahraga lain nya seperti sepak bola, basket dan seperti  yang di lakukan di kelas olahraga pada umum nya.

M. Irtifaul Ulum (Sekru)

NTA : AT. 160794.XXIII.180.PA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *