Lompat ke konten

Tips-tips Masuk Gua

Susur gua atau jelajah gua (Inggris caving) adalah olahraga rekreasi menjelajahi gua. Tantangan dari olahraga ini tergantung dari gua yang dikunjungi, tetapi seringkali termasuk negosiasi lubang, kelebaran, dan air. Pemanjatan atau perangkakan sering dilakukan dan tali juga diguanakan di banyak tempat.

Tidak semua orang dapat melakukan penelusuran goa. Caving tidak seperti mendaki gunung yang hampir setiap orang bisa melakukan. Tidak hanya dengan berbekal kekuatan fisik saja tetapi juga banyak perbekalan yang dibutuhkan seperti harus mengerti SOP masuk goa, sosiologi pedesaan dengan masyarakat disekitar goa dan masih banyak lagi.

Namun banyak para Cavers pemula yang baru mengetahui tentang cara-cara memasuki goa yang sesuai SOP, butuh kekuatan besar untuk mengalahkan ketakutan para Cavers pemula. Dan inilah beberapa tips memasuki goa. Yang pertama siapkan mental anda kuasai materi yang berhubungan dengan kegiatan. Kedua persiapkan hal-hal yang penting seperti helm,sepatu boots, coverall,headlamp dan alat-alat yang digunakan untuk penelusuran goa. Ketiga ormed tempat yang akan dijelajahi (untuk goa vertikal  membuat backup dan ancor terlebih dahulu, saat turun goa ormed pijakan yang tepat). Keempat masuk dan jelajahi goa dengan santai jangan panik tetap kuasai medan dan materi-materi, jika melihat ornamen yang masih hidup (masih terdapat kristal-kristal dan tetesan air) jangan disentuh karena dapat mengakibatkan ornamen tersebut mati, dan jika bertemu hewan buas atau yang belum pernah ditemui sebelumnya tetap tenang jangan tergesa-gesa karena dapat membahayakn diri sendiri. Dan yang paling penting adalah tetap penuhi SOP penelusuran goa.

 

Selamat melakukan penelusuran goa para Cavers.

Beberapa tips diatas semoga bermanfaat.

Terimakasih. Salam Speleo !!!

SITI IKA NURAINI (CANTING)

NTA: AT.160794.XXIII.184.PA

(Rabu, 30 Januari 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *