Lompat ke konten

Sejak Dini Untuk Bumi

Salam Lestari..!!!

Tanpa kita sadari pendidikan lingkungan sejak dini amatlah penting. Dimulai dari hal kecil yang mudah dipahami oleh anak usia dini seperti mengajarkan membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon atau bunga di taman, menyiram tumbuhan dan lain sebagainya. Banyak hal kecil yang dapat ditanamkan dan diajarkan kepada anak usia dini.

Kenapa usia dini?

Karena anak pada usia yang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan ini memiliki daya ingat yang baik. Ini bisa menjadi momen berharga dalam menanamkan nilai – nilai kepencintaalaman.

Pada tanggal 24 Febuari 2018, Mapala MITAPASA mengadakan pendidikan lingkungan ke Sekolah Dasar Negeri Cebongan 03 Salatiga yang bertajuk MITAPASA On The School (MOTS). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan sejak dini. Kegiatan ini di mulai dari memberikan materi berupa video proses fotosintesis, dampak membuang sampah sembarangan, dampak menebang pohon sembarangan. Pemberian materi ini disampaikan oleh anggota Mapala MITAPASA dengan tujuan mengenalkan kepada siswa – siswi tentang pendidikan lingkungan. Kegiatan ini dikemas dalam konsep yang menarik demi meningkatkan antusias siswa – siswi terhadap lingkungan

Kegiatan yang selanjutnya adalah penanaman pohon. Setiap siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian mereka diberi bibit pohon. Jenis bibit yang diberikan berupa: pucuk merah, pohon mangga, pohon alpukat, pohon durian, pohon sirsak dan lain-lain. Setiap kelompok dibimbing oleh anggota Mapala MITAPASA untuk menanam pohon di pekarangan sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi untuk siswa dalam menanam pohon dan merawatnya.

Kegiatan selanjutnya dalam rangkaian MOTS adalah outbond. Setiap siswa di bagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya mereka diarahkan anggota Mapala MITAPASA untuk melakukan outbond. Kegiatan outbond tersebut yaitu: estafet karet gelang, memasukan pensil kedalam botol, estafet sarung. Dalam outbond tersebut di ambil beberapa juara yaitu juara 1, 2, dan 3 dengan hadiah berupa makanan – makanan ringan. Dalam kegiatan outbond tersebut para siswa sangat antusias dan sangat senang sekali.

Dalam rangkaian acara Mitapasa On The School, siswa – siswi sangatlah antusias mengikuti kegiatan melestarikan bumi dengan cara menanam pohon di halaman sekolahnya. Dalam kegiatan ini Mapala MITAPASA berharap bahwa dengan  memberikan sedikit edukasi tentang menjaga lingkungan dapat menjadi langkah awal dalam pendidikan lingkungan،  Karena generasi ini yang akan menjaga bumi kita kedepannya, maka dari itu pendidikan lingkungan sangat amat penting bagi anak usia dini.

Shofi Arba’atu Azmi (Pace)

NTA: AT.160794.XXII.174.PA

&

Devi Kartika Sari (Dores)

NTA: AT.160794.XXI.165.PA

(Rabu, 02 Mei 2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *