Lompat ke konten

Mengenal Flora dan Fauna Gunung Merbabu

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke. Di pulau-pulau tersebut banyak keindahan yang mempesona dan menarik untuk dikunjungi, ada gunung, gua, tebing, pantai dan masih banyak lagi. Dari tempat-tersebut pasti banyak flora dan fauna lokal yang menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi daerah tersebut untuk dikunjungi.

Setelah kemarin kita mengenal indahnya gunung merbabu, kali ini kita akan mengenal lebih jauh karunia yang diberikan Tuhan yang ada di Gunung Merbabu. Gunung yang ada di perbatasan Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Semarang ini mempunyai flora dan fauna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan mendaki ke Gunung Merbabu.

Pertama kita akan berbicara tentang fauna atau satwa yang ada di Gunung Merbabu, beberapa satwa yang masih ada di Gunung Merbabu antara lain yaitu macan tutul, elang jawa, ayam hutan, elang hitam, kipasan ekor merah, alap-alap kawah, kijang, dan masih banyak lagi. Dari satwa-satwa yang ada di Taman Nasional Gunung Merbabu banyak juga satwa-satwa yang tergolong sebagai satwa yang dilindungi.

Selanjutnya kita akan berbicara flora yang ada di Taman Nasional Gunung Merbabu antara lain yaitu  pinus, puspa, bintamin, akasia decuren, beberapa jenis perdu, adas, edelweis, tanaman efifit, dan masih banyak lagi tanaman yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu baik tanaman yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi.

 

Dari flora dan fauna diatas tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang hendak mendaki di Gunung Merbabu, maka dari itu kita harus tetap menjaga kelestarian flora, fauna, dan lingkungan Gunung Merbabu supaya Gunung Merbabu tetap indah dan tetap memiliki daya tarik khusus bagi para pengunjungnya.

RIZAL IRKHAMNANTO (BOBO)

NTA:AT.160794.XXII.175.PA

(Sabtu, 26 Januari 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *