Lompat ke konten

Gunung Hutan

Gunung Hutan merupakan suatu alam ciptaan Tuhan yang dimana isinya terdapat bebatuan, tumbuhan, air, tanah, dan hewan. Karena Gunung dan Hutan merupakan tempat yang alamiah dan menantang, maka sering kali berdatangan pengunjung mendaki gunung untuk mengisi hari liburannya dan juga mencari referensi dari gunung hutan. Mendaki gunung merupakan kegiatan berbahaya, penuh tantangan, dan daya juang yang tinggi. Pada hakekatnya bahaya dan tantangan tersebut adalah menguji kemampuan individunya untuk bersahabat dengan alam yang keras.

Ada beberapa alasan orang melakukan kegiatan mendaki gunung untuk mata pencaharian, ilmu pengetahuan, petualangan, olahraga, ataupun rekreasi. Gunung merupakan suatu puncak ketinggian dari atas permukaan laut dan dataran di sekelilingnya, berbeda dengan bukit, bukit merupakan gunuung yang ketinggiannya tidak lebih dari 600 mdpl. Jadi,  semisal kita mendaki gunung yang sudah memiliki ketinggian melebihi dari 600 mdpl, artinya kita sedang mendaki gunung bukan bukit.

Di setiap gunung pasti memiliki summit atau puncak tersendirinya, namun untuk mencapai puncak tidaklah mudah, karena pasti ada rintanga yang harus dilewati oleh para pendaki seperti kemiringan dari tebing untuk mencapai puncak dan juga jalur yang sangat kecil sekali seperti yang ada di Gunung Raung,  disitulah terdapat tantangan untuk para pendaki untuk melewati rintangan agar sampai puncak.

Gunung Hutan memiliki keistimewaan tersendiri, ketika kita berada dipuncak disitulah kita merasakan betapa indahnya alam ciptaan Tuhan, rasa syukur pun kita rasakan setelah kita melewati rintangan agar bisa sampai di puncak, namun dari keindahan alam yang ada di gunung terdapat juga hal hal yang tidak kita inginkan terjadi di gunung, kita bisa lihat di sekeliling gunung masih saja ada sampah yang terbuang disembarang tempat, puntung rokok dimana-mana. Apa yang menyebabkan kebakaran hutan di gunung? Ini bisa terjadi karena faktor alam dimana panasnya matahari yang bisa  membakar tumbuhan-tumbuhan yang ada di gunung, dan juga kebakaran hutan bisa terjadi karena ulah manusia yang sering membuang puntung rokok di sembarang tempat.

Jadi, dari kejadian kebakaran hutan ini kita harus lebih sadar diri lagi untuk menjaga dan melestarikan alam kita. Sudah sepatutnya kita menjaga alam dan bumi ini.

RIDHO ICLASUL (OKUT)

NTA: AT.160794.XXIII.185.PA

(Sabtu, 26 Januari 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *