Lompat ke konten

MENGINJAKKAN KAKI DI TEBING LEMBAH KERA KABUPATEN MALANG

Panjat tebing atau yang sering dikenal juga dengan Rock Climbing merupakan kegiatan alam bebas yang menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu. Rock Climbing merupakan salah satu dari 3 divisi di Mapala MITAPASA, UIN Salatiga. Pada umumnya panjat tebing dilakukan pada daerah yang berkontur batuan tebing dengan sudut kemiringan mencapai lebih dari 45 dan mempunyai tingkat kesulitan tertentu.
Sabtu – Senin, 15 – 24 Oktober 2022 merupakan hari dimana kami tim Anggota Mapala MITAPASA melakukan kegiatan Spesialisasi divisi Rock Climbing di Lembah Kera yang terletak di Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Dalam kegiatan pemanjatan tebing Lembah Kera, kami berjumlah 6 anggota tim, yang terdiri dari 3 Anggota Muda dan 3 Anggota Tetap Mapala MITAPASA. Dari 3 Anggota Muda tersebut, mereka mengaplikasikan berbagai materi yang telah mereka dapatkan hasil dari pengembaraan.
Batuan di Tebing Lembah Kera ialah batuan kapur dan memiliki banyak sekali jalur yang dapat kami gunakan untuk berbagai pengaplikasian materi. Pemanjatan ini kami rasa menyenangkan dan mengesankan, mengingat kegiatan pemanjatan ini adalah perdana bagi kami para Anggota Muda dalam mengaplikasikan materi dan beberapa teknik dalam pemanjatan tebing. Kegiatan ini bukan hanya untuk wahana rekreasi, melainkan wadah bagi kami untuk mendapatkan pelajaran serta mempererat ikatan kekeluargaan kami.

Oleh: Muh Najib R. (Tuna)
NTA: AT.160794.XXVII.213.PA